Tingkatkan Imunitas dengan 5 Makanan Sehat Ini

Apa Itu Work From Home Ini 5 Faktanya
Apa Itu Work From Home? Ini 5 Faktanya
15/04/2020
fsablogoretina
Pernyataan Sikap Kebangsaan FSAB 2020
26/04/2020

Tingkatkan Imunitas dengan 5 Makanan Sehat Ini

5 Makanan Sehat Ini

Selain rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan, olahraga, tidak merokok, salah satu strategi melawan Corona adalah mengkonsumsi makanan sehat.

 

Beberapa ahli gizi dan diet menyarankan beberapa makanan ini untuk memperkuat imunitas tubuh Anda. Imun yang kuat bisa membuat tubuh kita melawan virus Corona yang menyebar di tubuh. Imun ini bisa membuat kita sembuh sendiri, serta bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

 

5 Makanan Sehat yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

 

  1. Paprika Merah

 

Menurut U.S. Department of Agriculture, mengkonsumsi satu cangkir pipa merah yang dicincang memberikan 211% dari vitamin C harian Anda. Jumlahnya lebih banyak dengan jeruk (106%).

 

Berkaitan dengan itu, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 lalu yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, mengatakan bahwa vitamin C sangat berkontribusi pada kekebalan tubuh seseorang dan dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan.

 

  1. Bawang Putih

 

Di zaman dulu, bawang putih banyak orang pakai untuk menangkal pilek. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2001, yang diterbitkan Advances in Therapy juga membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen bawang putih lebih kecil kemungkinannya terserang flu. Meskipun terinfeksi, mereka juga akan pulih dengan cepat.

 

Kemampuan bawang putuh dalam meningkatkan kekebalan berasal dari senyawa tinggi yang mengandung belerang yang dapat mengatasi infeksi. Akan sangat baik jika Anda mengkonsumsi 3 siung bawang putih setiap hari.

 

  1. Biji Bunga Matahari

 

Makanan sehat berikutnya adalah makanan yang mengandung vitamin E yang tinggi, yakni biji bunga Matahari. Kandungannya dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

 

Menurit NIH dalam satu ons biji bunga Matahari yang dipanggang, terdapat 49% dari nilai vitamin E yang Anda butuhkan setiap harinya.

 

  1. Wortel, Kangkung dan Aprikot

 

Sayuran-sayuran ini mengandung beta karoten yang dikonversi menjadi vitamin A. Mereka mampu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu antibodi merespon racun, dan zat asing.

 

Sumber beta karoten lainnya tak cuma wortel, kangkung dan aprikot saja, ubi jalar, mangga, brokoli, blewah, bayam, labu juga menjadi makanan-makanan yang mampu meingkatkan imun Anda.

 

  1. Telur, Keju dan Tahu

 

Telur, keju dan tahu mengandung vitamin D yang besar. Vitamin D sendiri mampu mengubah aktivitas dan sel darah putih atau dikenal sebagai limfosit pembunuh T2 yang dapat mengurangi penyebaran virus dan bakteri. Selain mengurangi penyebaran, vitamin D juga bisa membunuh bakteri dan virus-virus tersebut.

 

Adapun makanan sehat untuk imun yang saat ini sedang trending. Makanan ini direkomendasikan Tastewise.

 

Ada 4 food immunity yang baik dikonsumsi saat Corona berlangsung.

 

  • Elderberry: bagus untuk mengatasi flu dan pilek serta dapat meningkatkan imun tubuh
  • Acar Mentimun: bagus untuk sistem kekebalan tubuh, serta proses fermentasinya dapat meningkatkan nilai gizi
  • Pare: ia dapat meredakan asma dan baik untuk menurunkan tingkat stres di tengah pandemi Corona
  • Chamomile: untuk sifat anti inflamasi

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *